Pemberdayaan ANDIKPAS LPKA Lampung melalui Konseling Kelompok oleh Tim Dosen Dan Konselor Sebaya Psikologi Islam UIN Raden Intan Lampung


Bandar Lampung (24/10). Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Mentor dan Tim Konselor dari Psikologi Islam UIN Raden Intan Lampung, merupakan kegiatan pendampingan konseling kelompok yang di lakukan di ANDIKAPAS LPKA Lampung, merupakan langkah penting yang dapat mencerminkan komitmen dalam memberikan kontribusi bagi masyarakat terutama bagi mereka yang berada didalam  tahanan. Melalui metode ini, memiliki dampak dalam interaksi dan pembinaan yang dilakukan.

Kegiatan kali ini narapidana memiliki kesempatan untuk berbagi dan mendukung satu sama lain selama sesi konseling kelompok. Narapidana memiliki tempat untuk berbagi dan mendengarkan pengalaman sesama narapidana, hal tersebut menjadi titik terang yang sangat berharga dalam lingkungan pemasyarakatan di mana kondisi psikologis seringkali mendapat tekanan. Dukungan emosional ini tidak hanya membantu mengatasi kesulitan, tetapi juga menciptakan rasa solidaritas dan kebersamaan di antara orang.

Pendampingan konseling kelompok yang dilaksanakan di ANDIKPAS LKPA Lampung  melibatkan dosen yaitu; Annisa Fitriani, S.Psi, MA dan mahasiswa yang terlibat yaitu; Rona Badya Asnandari. Narapidana juga mendapatkan motivasi dan harapan baru melalui interaksi dengan mentor dan tim konselor. Dalam situasi ini tahanan terkadang dapat merasa kehilangan arah atau tujuan hidup mereka. Konseling kelompok memberi narapidana kesempatan untuk berpikir tentang masa depan mereka, menetapkan tujuan yang dapat dicapai, dan membuat rencana untuk mencapainya. Konselor dan dukungan mereka dapat menjadi pendorong yang kuat untuk memulai perubahan hidup yang positif. Oleh karena itu, pendampingan konseling kelompok yang dilakukan oleh Mentor dan Tim Konselor Psikologi Islam UIN Raden Intan Lampung di ANDIKAPAS LPKA Lampung merupakan upaya nyata untuk membantu narapidana memperbaiki kondisi mental dan sosial mereka dan mempersiapkan diri untuk kembali ke masyarakat dengan kondisi yang lebih baik. (NA).