Pengabdian Dosen dan Mahasiswa Psikologi Islam untuk para siswa bertemakan “Its Okay Not Be Okay, We are Here To Hear You”


Bandar Lampung (19/8). Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Mentor dan Tim Konselor Psikologi Islam UIN Raden Intan Lampung berupa kegiatan road to SMA Al- Huda. Pada kesempatan kali ini upaya untuk mendukung siswa/siswi SMA Al-Huda, Tim Konselor Psikologi Islam UIN Raden Intan Lampung melakukan kegiatan pengabdian masyarakat yang disebut “Road to SMA Al-Huda”. Mentor dan Tim Konselor memberikan dukungan dan bimbingan kepada siswa/siswi melalui konseling kelompok (Konseling Klasik) dan konseling individu.

Konseling kelompok, juga dikenal sebagai konseling klasik, memungkinkan siswa/siswi untuk berbagi pengalaman, mendengarkan pengalaman orang lain, dan mendapatkan dukungan dari teman sebaya. Ini dapat membantu menciptakan lingkungan yang mendukung dan memungkinkan siswa/siswi untuk merasa lebih nyaman berbicara tentang masalah yang mereka hadapi. Sedangkan konseling individu,  memberikan kesempatan bagi siswa/siswi untuk mendapatkan bimbingan dan perhatian yang lebih khusus sesuai dengan kebutuhan dan masalah yang mereka alami. Ini dapat membantu mereka mengatasi tantangan dengan lebih fokus dan berkonsentrasi.

Mengangkat tema “It’s Okay Not to Be Okay, We’re Here to Hear You” adalah tindakan yang tepat. Pada kegiatan kali ini melibatkan dosen yaitu; Indah Dwi Chaya Izzati, M.Psi dan Mahasiswa yang terlibat sebagai konselor sebaya yaitu; Dwi Safitri. Pada kegiatan  ini mengirimkan pesan kepada siswa bahwa penting untuk membahas masalah yang mereka hadapi, bahwa mereka tidak sendirian, dan bahwa mereka dapat mendapatkan dukungan. Ini juga menghapus stigma kesehatan mental dan membantu membuat lingkungan kelas yang lebih inklusif dan mendukung.

Secara keseluruhan, kegiatan ini merupakan langkah yang sangat positif dalam mendukung kesejahteraan mental siswa/siswi SMA Al-Huda dan menyediakan mereka dengan sumber daya dan dukungan yang mereka butuhkan. (NA)