Kolak Ramadhan Sesi 3 “Lingkungan Keluarga Berperan Bentuk Karakter Remaja”


Bandar Lampung, Jum’at 15 April 2022 Prodi Psikologi melaksanakan kegiatan rutin selama bulan ramadhan yaitu KOLAK(Kajian Online Aktif Ramadhan). Pada sesi ke tiga ini KOLAK mengusung Tema “Lingkungan Keluarga Berperan Bentuk Karakter Remaja”. Kajian Online ini berlangsung dari pukul 16.30-17.30 yang diikuti oleh mahasiswa Prodi Psikologi Islam dari berbagai angkatan dan juga terbuka untuk umum. Sebanyak 245 peserta mengikuti kegiatan kajian online ini. Pemateri kali ini merupakan salah satu dosen prodi Psikologi Islam yaitu ibu Intan Islamia, M.Sc dan dibantu oleh moderator dari salah satu mahasiswa prodi Psikologi Islam yaitu mba Mefta Setiani.

KOLAK (Kajian Online Aktif Ramadhan ) ini sangat diapresiasi oleh para mahasiswa hal ini dilihat dari jumlah peserta yang mengikuti dari awal dan juga kesan dan pesan dari peserta kajian online ini, walaupun dilaksanakan dengan media onlie via Zoom tidak mengurangi semangat belajar, dan rasa keingintahuan peserta. Materi yang disampaikan kali ini melihat lebih dalam bagaimana peran keluarga dalam membentuk karakter remaja dan bulan ramadhan sebagai salah satu momen yang penting dalam upaya meningkatkan kualitas hubungan dan peran orang tua terhadap anak/remaja. Didalam bulan ramdhan terdapat momentum yang indah yang untuk bisa lebih baik lagi menjalani hubungan dengan anak sebagai usaha membentuk karakter yang baik contohnya disaat berbuka/sahur serta aktifitas ibadah bersama lainnya.

Beberapa kesan dan pesan yang disampaikan oleh salah satu peserta kajian online yaitu sridatin mahasiswa Psikologi Islam Angkatan 2020 menyampaikan bahwasannya dengan adanya kajian online ini secara pribadi membuat lebih paham akan dampak dari peran keluarga terhadap pembentukan karakter anak serta peran keluarga yang baik bisa menjadi faktor pendukung suskesnya seseorang baik dari sikap pribadi dsb. Selain itu kajian seperti ini benar-benar bermanfaat untuk mahasiswa psikologi dan mahasiswa non psikologi sebagai bentuk upaya menambah wawasan yang mungkin tidak didapatkan saat di kelas perkuliahan. Pembawaan pemateri yang asik dan santai membuat peserta menikmati kajian online ini. Harapannya semoga kegiatan seperti ini selalu ada dan berkelanjutan karena sangat bermanfaat. (ID)