“DOSEN PRODI PSIKOLOGI ISLAM BESERTA MAHASISWA MELAKSANAKAN PENGABDIAN MASYARAKAT BERSAMA DINSOS PROVINSI LAMPUNG SEBAGAI BENTUK TINDAK LANJUT MoA”


Bandar Lampung, pada tanggal 4 dan 5 Juli 2022 telah terlaksana kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Program Studi UIN Raden Intan Lampung. Kegiatan ini melibatkan dosen serta mahasiswa dan juga merupakan tindak lanjut MoA dengan Dinas Sosial Provinsi Lampung. Pada kegiatan pengabdian ini mengusung tema “Pelatihan Psikologi Stabilisasi Emosi Untuk Menurunkan Tingkat Stres Para Pekerja Sosial Yang Menangani Kasus Kekerasan Seksual (Pemberdayaan Pada Pekerja Sosial Di Kementrian Sosial Wilayah Bandar Lampung, Pringsewu, dan Pesawaran. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Whiz Prime Bandar Lampung serta melibatkan sekitar 15 orang pekerja sosial (Peksos). Bapak Nugroho Arief Setiawan, S.Psi., M.Psi., Psikolog selaku pembicara pada kegiatan ini serta mahasiswa atas nama Mefta Setiyani beserta Pimpinan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Bapak Dr. Shonhaji.M.Ag selaku Wakil dekan III Bidang Kerjasama yang terlibat aktif dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu kegiatan wajib yang dilaksanakan oleh dosen sebagai wujud pelaksanaan dari Tridharma Perguruan Tinggi selain mengajar. Melalui tema pengabdian ini juga bentuk kepedulian terhadap diri pekerja yang mungkin rentan mengalami stres kerja yang disbebakan banyak faktor baik faktor eksternal maupun internal, diharapkan dengan adanya kegiatan ini bisa membantu menurunkan atau mencagah terjadinya stres pada pekerja, khususnya pekerja sosial (Peksos). (ID)