Pengabdian Masyarakat Prodi Psikologi Islam


Sebanyak 24 kader dan pegawai puskesmas Kalianda, Lampung Selatan mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh tim pengabdian masyarakat Program Studi Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Raden Intan Lampung.

Pengabdian masyarakat yang bertemakan Psikoedukasi Teknik Modelling Untuk Meningkatkan Pengetahuan Kader Posyandu Mengenai Kekerasan Terhadap Balita dalam rangka memberdayakan kader-kader Posyandu di Desa Kalianda tersebut dibuka langsung oleh Ketua UPT Puskesmas Kalianda Bapak Habil S.KM.

“Adanya pelatihan ini selain untuk mengedukasi masyarakat juga sebagai wujud dari pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi.” Ujar ketua Tim Pengabdian Masyarakat Prodi Psikologi Islam Bapak Drs. M. Nursalim Malay, M.Si.

Selaku pemateri Ibu Citra Wahyuni, S.Psi., M.Si juga menyampaikan bahwa penting bagi kader dan pegawai posyandu memahami bahwa anak indonesia tidak hanya tumbuh secara fisik, namun juga secara mental, sebab itulah tema pengabdian kali ini berupa psikoedukasi tentang kekerasan fisik, emosional, dan seksual pada balita. Selain itu, urgensi lainnya adalah dikarenakan desa Kalianda berada pada urutan kedua setelah Bandar Lampung dengan tingkat kekerasan pada anak dengan angka yang tinggi.

Tim Pengabdian bersama Kader dan Pegawai Posyandu Kalianda, Lampung Selatan

(MS)