Kolak Ramadhan Sesi 5 “Puasa Sebagai Metode Self Healing”


Bandar Lampung, 24 April 2022 Prodi Psikologi Islam melaksanakan kegiataan kajian online rutin yang dilaksanakan setiap rabu dan jumat pukul 16.30-17.30. Pada pertemuan ini mengusung tema “Puasa Sebagai Metode Self Healing” yang disampaikan oleh bapak Nugroho Arief Setiawan, M.Psi., Psikolog. pemateri sendiri merupakan salah satu dosen prodi psikologi islam. Peserta pada kegiatan diikuti sekitar 156 peserta yang terdiri dari mahasiswa beberapa prodi khususnya prodi psikologi islam. Selain pemateri yang luar biasa kegiatan ini juga dibantu oleh moderator yang baik hati dan cantik yaitu mba Rizti Triandini yang merupakan mahasiswi prodi psikologi islam.

Berdasarkan materi yang disampaikan oleh pemateri bahwasannya puasa bukan hanya baik untuk kesehatan fisik dan kesehatan mental. Self healing, penyembuhan suatu rasa sakit  adalah bukan menggunakan obat, melainkan menggunakan perasaan dan emosi yang terpendam dalam tubuh. Self healing dilakukan dengan tujuan memperbaiki diri, mengeluarkan ekspresi, marah, rasa sakit, kenangan buruk yang sudah lama tersimpan yang mengganggu pikiran. Salah satu self healing dibulan puasa dengan cara memperkuat ibadah yaitu dengan perkuat ibadah sholat. Sholat yang khusyuk dan fokus membuat diri lebih baik, energi positif dari hal itu bisa membuatmu jauh lebih tenang dan mendapatkan perasaan aman. Selain itu perbanyak dzikir di bulan penuh suci ini. Tujuan dari self healing untuk menentramkan hati, maka dengan berdzikir hati seseorang akan jauh lebih tentram. Dalam Alquran disebutkan banyak sekali manfaat dari berdzikir, diantaranya memperlancar rezeki, menjauhkan diri dari godaan hawa nafsu, dan hidupnya akan diliputi kebaikan.

Kesan dari salah satu peserta menyampaikan bahwa untuk sesi kali ini sangat seru dan menarik selain dari tema materi tapi pembawaan serta cara menyampain dari pemateri sangat asik dan seru sehingga materi mudah dipahami oleh para peserta. Serta saat sesi tanya jawab juga sangat hidup dan pemateri menjawab dengan baik. Harapaannya semoga kegiatan ini selalu ada disetiap bulan suci ramadhan dan kalau bisa durasinya ditambahkan lagi.(ID)