Kolak Ramadhan Sesi 4 “Tips Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental Selama Berpuasa”


Bandar Lampung, 20 April 2022/ 19 Ramadhan Prodi Psikologi Islam UIN Raden Intan Lampung telah melaksanakan kegiatan rutin selama bulan suci ramadhan yaitu KOLAK (Kajian Online Aktif ). Pada pertemuan ke 4 ini mengusung tema “Tips Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental Selama Berpuasa”. Pada kesempatan ini sebanyak 108 peserta mengikuti kegiatan kajian online dengan peserta yang didominasi oleh mahasiswa prodi psikologi islam dan mahasiswa jurusan lain. Materi kajian online kali ini disampaikan oleh Bapak Tomy Suganda, M.Kep yang merupakan Dosen Prodi Psikologi dan juga kajian online ini bisa berlangsung dengan baik tentunya dibantu oleh moderator cantik dan kece yaitu mba liana sari yang merupakan mahasiswi prodi psikologi.

Berdasarkan materi yang disampaikan oleh pemateri bahwasannya puasa bukan hanya baik untuk kesehatan fisik tapi juga baik untuk kesehatan mental. Hal ini disebabkan karena puasa bukan hanya sekedar menahan hawa nafsu namun juga mengontrol diri kita, menjaga emosi kita dsb. Puasa juga membantu menurunkan kadar hormon stress atau kortisol serta merangsang hormon endorfin yang baik untuk meredakan rasa cemas. Hal ini diduga berkaitan dengan efek puasa yang dapat memperbaiki metabolisme tubuh.Secara tidak langsung puasa juga membuat kita dapat menyesuaikan suatu kesehatan mental secara tidak sengaja dan mengontrol emosional atau bersabar diri terhadap dorongan agresitivitas yang datang dari dalam diri.

Kegiatan KOLAK ini sangat bermaanfaat untuk kalangan muda khususnya mahasiswa yang mungkin saat ini sulit mendapatkan tempat menghabiskan waktu yang lebih bermanfaat dan produktif. Hal ini disampaikan juga oleh beberapa peserta dari kajian online ini salah satunya Lediya mahasiswa prodi psikologi islam 2019 yang mengatakan bahwasannya kegiatan ini baginya sangat bermanfaat dan menambah wawasan serta motivasi untuk lebih memperhatikan kesehatan fisik dan mental selama bulan puasa. harapannya semoga kegiatan ini berkelanjutan dan selalu ada di bulan suci ramadhan berikutnya.