Prodi Psikologi Islam Jemput Berkah Ramadhan dengan Menambah Ilmu dan Berbagi


Bulan Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh banyak umat muslim di dunia, banyak orang berlomba-lomba dalam mendapatkan pahala, salah satunya adalah dengan cara berbagi. Di bulan Ramadhan kali ini yang bertepatan dengan hari pendidikan nasional, dimanfaatkan oleh prodi Psikologi Islam UIN Raden Intan Lampung dengan mengadakan webinar dan berbagi kepada sesama yang membutuhkan.

Meskipun masih dimasa Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan rasa untu berbagi kepada sesama. Prodi Psikologi Islam mengadakan bakti sosial dengan cara yang berbeda dari yang lain, sebagaimana orang lain mengadakan bakti sosial dengan cara meminta sumbangan dijalan raya, prodi Psikologi Islam menggalang dana dengan cara mengadakan webinar, dan hasil donasi diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Webinar yang  bertemakan “Dealing with quarter life crisis” dengan narasumber ibu Retno riani, M.Si., Psikolog selaku psikolog di RSJD Provinsi  Lampung dan sekaligus merupakan dosen luar biasa prodi Psikologi Islam, dengan dimoderator oleh Ceria Pertiwi , S.Psi yang merupakan mahasiswi lulusan pertama prodi  psikologi Islam dan merupakan lulusan terbaik Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama tahun 2018. Webinar dilaksanakan menggunakan zoom meeting,Webinar ini merupakan kolaborasi antara penerbit Erlangga dengan prodi Psikologi Islam, yang bertepatan dengan hari Pendidikan Nasional pada tanggal 2 Mei 2021. Jumlah peserta sebanyak 378 peserta dengan peserta yang tersebar dari berbagai provinsi di indonesia.

            Pada webinar ini diperoleh donasi  sebesar 10.000 dari tiap peserta, namun ada beberapa peserta yang berdonasi lebih dari itu, hasil donasi diberikan kepada 2 panti asuhan. Panti asuhan tersebut iyalah panti asuhan Tiara Putri  yang berlokasi   di Sukarame dan panti asuhan Daarul Amanna yang berada di Jati Mulyo, selain berbagi dengan panti asuhan, hasil donasi peserta dialokasikan untuk   memberikan makanan berbuka puasa  kepada masyarakat yang membutuhkan. Mahasiswa dan mahasiswi prodi Psikologi Islam yang terdiri dari angkatan 2017 dan 2018 membagikan nasi kotak di beberapa titik di daerah Bandar Lampung. 

            Berbagi kepada sesama adalah hal yang indah untuk dilakukan, memberi, mengasihi dan mencintai sesama adalah keharusan kita sebagai manusia. Manusia yang baik adalah manusia yang bermanfaat untuk orang lain.

(LA)