Para Dosen Psikologi Islam dalam Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19


Para dosen Psikologi Islam yang tergabung dalam gugus tugas HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia) Wilayah Lampung telah melakukan beberapa kegiatan sejak 22 Maret 2020, dalam upaya penanggulangan dampak covid-19. Terdapat tiga kegiatan utama pada gugus tugas tersebut, diantaranya pelayanan konsultasi psikologi gratis secara online oleh para Psikolog Lampung, pemberian Alat Pelindung Diri (APD) kepada para tenaga medis, dan pembagian sembako kepada keluarga yang terdampak secara ekonomi akibat pandemic covid-19.

HIMPSI Wilayah Lampung yang merupakan induk organisasi Psikologi yang berada di Propinsi Lampung merasa terpanggil untuk melakukan kegiatan-kegiatan tersebut sebagai bagian dari kontribusi positif keilmuan Psikologi dalam upaya penanggulangan dampak pandemi covid-19. Selain para dosen Psikologi Islam UIN Raden Intan Lampung, HIMPSI Lampung juga bersinergi dengan para dosen psikologi dari Univ. Malahayati, Univ. Muhammadiyah Lampung, dan Prodi BK Universitas Lampung.

Kegiatan pelayanan gugus tugas HIMPSI diawali sejak tanggal 22 Maret 2020, atau selang waktu empat hari setelah pemerintah menetapkan adanya kebijakan social distancing untuk menghentikan penyebaran virus corona. Kegiatan awal adalah pelayanan konsultasi psikologi secara gratis melalui media daring, konsultasi ini di sajikan setiap hari bagi masyarakat umum yang mengalami gangguan gejala psikologis akibat dampak covid-19, para dosen psikologi islam yang terlibat diantaranya; Nugroho Arief Setiawan, M. Psi., Psikolog, dan Faisal Adnan Reza, M. Psi., Psikolog.

Selain pelayanan psikologi secara gratis, HIMPSI Lampung menyelenggarakan pengumpulan donasi untuk memberikan bantuan materil kepada para tenaga medis, yaitu berupa alat pelindung diri (APD). Saat ini para tenaga medis merupakan garda terdepan yang menghadapi covid-19, para tenaga medis ini sangat membutuhkan APD untuk tetap melayani para pasien serta upaya melindungi diri dari penularan covid-19. Setelah proses pengumpulan donasi dan pemesanan APD dari luar kota, akhirnya telah disalurkan pemberian APD tahap awal sebanyak 67 paket APD dan diberikan ke empat Rumah Sakit diantaranya; RS. Abdoel Moeloek, RS. Urip Sumoharjo, RS. Tjokro Dipo, RS. Sukadana Lamtim.

Selanjutnya kegiatan gugus tugas HIMPSI Lampung menyasar para keluarga yang terdampak secara ekonomi akibat pemberlakuan social distancing di masa pandemic covd-19. Para buruh harian, pekerja lapangan, driver ojol, dan masih banyak profesi pekerjaan lain yang sangat terdampak secara ekonomi. Gugus tugas HIMPSI Lampung melakukan kegiatan berupa pengumpulan donasi untuk pembelian paket sembako bagi keluarga yang terdampak secara ekonomi tersebut. Setelah melakukan pengumpulan donasi, telah disalurkan tanggal 11 April 2020 untuk tahap awal sebanyak 104 paket sembako kepada 104 keluarga. Kegiatan ini terus berlanjut sampai masa pandemic covid-19 ini berakhir.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh para dosen psikologi islam UIN Raden Intan dalam gugus tugas HIMPSI Lampung adalah sebuah bentuk yang sederhana untuk membantu sesama. Seperti kata bijak, “ we don’t need money to help others, we just need heart”. Semoga apa yang sudah dilakukan dan sedang dilakukan para dosen psikologi islam dalam upaya penanggulangan covid-19 dapat bermanfaat dan menjadi penyemangat bagi yang lain untuk selalu berbuat baik. (NA)