Prodi Psikologi Islam Mengukir Berbagai Pencapaian Di Awal Tahun 2020


Berkemajuan secara berkelanjutan merupakan visi yang secara konsisten diterapkan di Prodi Psikologi Islam UIN Raden Intan Lampung. Mengawali tahun 2020 ini, berbagai kegiatan dilaksanakan sebagai upaya pengembangan prodi menghadapi proses reakreditasi prodi. Para dosen dan mahasiswa bersinergi dalam perencanaan program hingga pelaksanaan program.

Program yang telah dilaksanakan merupakan buah pemikiran dalam rangka meningkatkan kualitas prodi dalam bidang akademik, peningkatan kompetensi mahasiswa, serta peningkatan kualitas para tenaga pendidik/ dosen. Pelaksanaan program dilakukan secara kontinu di awal Tahun 2020 setiap bulan, sejak bulan Januari sampai terakhir di bulan Maret.

Pemberian Donasi Prodi Psikologi Islam di Lokasi Banjir Tanggamus. (23/2)

Kegiatan diawali pada bulan Januari, dengan mengusung spirit kesetiakawanan berlandaskan hadits Rasul: “Allah SWT akan menolong seorang hambaNya, selama hamba itu senantiasa menolong saudaranya (HR. Muslim)”, seluruh elemen Prodi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, UIN Raden Intan Lampung yang terdiri dari mahasiswa dan para dosen, melakukan pengumpulan donasi untuk meringankan penderitaan saudara-saudara korban banjir dan tanah longsor di daerah Semaka Kabupaten Tanggamus.

Pemberian bantuan dilakukan pada Kamis, 23 Januari 2020. Tim yang melakukan pemberian langsung ke lokasi bencana terdiri dari pimpinan Fakultas yang diwakili Wadek III, Dr. Idrus Ruslan, M.Ag, Kaprodi Psikologi Islam, Abd. Qohar, M.Si, serta Sekretaris LP2M UIN RIL, Dr. Ali Abdul Wakhid, M.Si. Selain dari unsur pimpinan, perwakilan mahasiswa juga turut serta dalam pemberian bantuan, diantaranya yang ikut dari Ketua HMPS Psikologi Islam, Reza Hastuti, Alifia Humairo, Umi Rahmawati, Yuma dan Tomi.

Bantuan diserahkan langsung ke Posko Bencana di Kecamatan Semaka, yang diterima oleh Sekcam Semaka, Kapolsek Semaka, serta unsur dari enam pekon. Selanjutnya bantuan akan didistribusikan kepada korban terdampak banjir dan tanah longsor berdasar data yang ada.

MoA antara FUSA UIN RIL dengan Fakultas Psikologi UIN Raden Fatah Palembang. (16/2)

Selanjutnya pada bulan Februari, dilakukanlah sebuah perjanjian kerjasama (Memorandum of agreement) untuk menjalin stakeholders, antara Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Raden Intan dengan Fakultas Psikologi UIN Raden Fattah Palembang, berlokasi di Swiss Bell Hotel Bandarlampung, pada Minggu (16/02).

Secara spesifik dalam perjanjian (MoA) tersebut akan terjalin sinergi antara Fakultas Psikologi UIN Raden Fattah dengan Prodi Psikologi Islam untuk peningkatan mutu dan kualitas kedua belah pihak, perjanjian (MoA) ini akan dilaksanakan dalam jangka waktu lima (5) tahun sejak penanda tanganan.

Dalam perjanjian (MoA) yang ditanda tangani oleh Dekan FUSA UIN Raden Intan, Dr. M. Afif Anshori, M.Ag dengan Dekan Fakultas Psikologi UIN Raden Fattah, Prof. Dr. Ris’an Rusli, MA, disepakati tentang peningkatan dan penguatan kedua institusi dalam Tri Dharma Pendidikan Tinggi.

Wardah Bright Days roadshow bekerjasama dengan Prodi Psikologi Islam. (5/3)

Sebelum masa karantina akibat pandemic covid-19, tepatnya di bulan Maret 2020, Prodi Psikologi Islam sempat melaksanakan dua kegiatan. Yang pertama adalah event dari Wardah Bright Days roadshow, event ini dilaksanakan pada tanggal 5 Maret 2020 yang digelar di GSG Fakultas Syariah UIN Raden Intan Lampung.

Event ini merupakan hasil kerja sama antara Prodi Psikologi Islam dengan WARDAH yang merupakan Brand Activation wardah sebagai brand kosmetik yang banyak disukai khususnya dikalangan remaja.Salah satu rangkaian acaranya adalah inspiring talkshow dengan topik pilihan “lets improve yourself”. Talkshow ini diharapkan mampu menambah wawasan mahasiswa dan meningkatkan kemampuan dalam publik speaking, agar mereka tau dan sadar akan kebutuhan mereka dalam dunia kerja.

Selain Inspiring Talkshow, Wardah Bright Days roadshow juga menghadirkan aktivitas lain seperti beauty class, para mahasiswi diajarkan cara pembersihan wajah menggunakan micelar water dan pengaplikasi pelembab wajah dengan benar serta diajarkan tutorial make up dengan benar.

Kegiatan Wardah Bright Days tidak hanya diselenggarakan di indoor, namun juga ada kegiatan di luar, seperti games, photobooth, booth penjualan dengan harga spesial, dan skin check gratis serta peserta mendapatkan goodie bag untuk seluruh mahasiswi serta dosen.

Pembukaan Psychofair 2020 oleh Kaprodi Psikologi Islam. (7/3)

Pencapaian Prodi Psikologi Islam di bulan Maret 2020 lainnya adalah terselenggaranya PSYCHOFAIR 2020, yang merupakan serangkaian kegiatan perlombaan yang bertemakan self love dan self acceptance. Melihat kurangnya edukasi mengenai self love dan self acceptance di masyarakat terutama pada mahasiswa dan pelajar, menggerakkan HMPS Psikologi Islam untuk membuat kegiatan yang tepat untuk edukasi dan ajang kompetisi.

Dibuka langsung oleh Ketua Prodi Psikologi Islam, Abdul Qohar M.Si. “Kegiatan yang positif seperti ini harus didukung penuh. Karena kegiatan ini merupakan wadah bagi mahasiswa psikologi islam khususnya,  dapat belajar selain di ruang kelas, dan tentunya dapat memajukan Prodi. Saya harap akan ada Psychofair kedua, ketiga dan seterusnya setiap tahunny.” Ujar Kaprodi saat membuka acara Psychofair.

Kegiatan ini diawali dengan cabang perlombaan futsal, dilanjutkan perlombaan solo song, short movie, business plan, debate, dan essay. Respon positif terlihat dari antusiasnya partisipasi pelajar dan mahasiswa yang ada di Lampung yang menjadi juara di tiap cabang perlombaan. Beberapa juara antara lain berasal dari Universitas Aisyah Pringsewu, STMIK Pringsewu, dan beberapa sekolah menengah yang ada di Bandar Lampung.

Berbagai pencapaian yang telah dilakukan Prodi Psikologi Islam di awal Tahun 2020 adalah kerja keras dan kerja cerdas oleh seluruh civitas akademika Prodi Psikologi Islam. Adapun harapannya, melalui kegiatan-kegiatan tersebut menjadi awal yang baik untuk Psikologi Islam di Tahun 2020 agar terus semangat berkarya, serta semakin banyak mahasiswa dan dosen yang menjadi pelopor kegiatan-kegiatan positif lainnya. (NA/SA/MS)