Menggiatkan Literasi Dengan Pojok Baca


Aktifitas membaca para mahasiswa Psikologi Islam di Pojok Baca Psikologi Islam

Buku adalah jendela dunia, sebuah pepatah yang menggambarkan betapa sebuah buku dapat membuka luasnya cakrawala berfikir seseorang. Berangkat dari pemikiran tersebut, para mahasiswa Psikologi Islam  membuat sebuah Pojok Baca untuk menggiatkan literasi / minat baca mahasiswa.

Pojok baca yang berlokasi di Laboratorium Psikologi Islam UIN Raden Intan Lampung ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan para mahasiswa Psikologi Islam untuk meningkatkan budaya membaca di kalangan mahasiswa. Dengan mengusung jargon “ Simpanlah gadgetmu, dan bacalah bukumu”, para mahasiswa berusaha menggugah para insan akademisi betapa pentingnya membaca buku, ditengah maraknya fenomena gadget/ gawai yang menyita waktu.

Pada sebuah kesempatan, saat ditemui di pojok baca, salah seorang mahasiswa Psikologi Islam bernama Afrizal Miba menyatakan bahwa, “ pojok baca Psikologi Islam ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa Psikologi Islam, sembari menunggu waktu kuliah atau memanfaatkan waktu senggang, kita bisa baca-baca buku”

Geliat mahasiswa dalam menggiatkan literasi juga mendapat perhatian dari para dosen Psikologi Islam, dengan sukarela para dosen mendonasikan buku-buku koleksinya untuk mengisi pojok baca. Menurut salah seorang dosen Psikologi Islam, Drs. M. Nursalim Malay, M. Si, “ pojok baca ini adalah ibarat sebuah oase, dimana para mahasiswa Psikologi Islam yang haus akan pengetahuan dan buku-buku terbaru Psikologi, dapat memanfaatkan pojok baca ini sebagai pengobatnya”.

Seorang Margaret Fuller  pernah berujar, “ Today A Reader, Tomorrow A Leader”, seorang pemimpin yang baik akan lahir dari seorang pembaca dan pembelajar yang baik. Melalui pojok baca Psikologi Islam, mari kita giatkan semangat literasi para mahasiswa sebagai calon pemimpin di masa depan. (NA)