Nahkoda Baru Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Raden Intan Lampung


Pelantikan Dekan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama oleh Rektor UIN Raden Intan Lampung, Selasa (23/7)

Aura optimis dan semangat terpancar jelas dari gurat wajah dekan baru Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Raden Intan Lampung, Dr. H. M. Afif Anshori, MA, saat ditemui di ruang kerjanya selepas pelantikan, Selasa (23/7).

Pak Afif, begitu beliau sering dipanggil, merupakan putera kandung dari Fakultas Ushuluddin. Menempuh pendidikan sarjana Perbandingan Agama dan lulus Tahun 1987 dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Selepas lulus kuliah, Afif muda merantau ke pulau Sumatera dari daerah asalnya Wonosobo Jawa Tengah, berbekal wasilah dari Kyai Pondok Pesantren Parakan Temanggung dan Pembina Pramuka Racana Wonosobo.

Sesampainya di Pulau Sumatera, Afif muda mengunjungi Pakde nya di daerah Gedung Meneng Bandarlampung. Singkat cerita, Afif muda bertemu dengan Rektor IAIN Raden Intan waktu itu, Drs. Busyairi Majidi. “Karena sudah saling mengenal, maka Pak Rektor mengatakan pada saya untuk mengangkat saya menjadi pegawai dan diminta mengembangkan Pramuka di IAIN Raden Intan Lampung”, kenang Pak Afif sembari berkaca-kaca menceritakan awal mula kisahnya berkarir di UIN Raden Intan Lampung.

Selama berkiprah di UIN Raden Intan Lampung, Pak Afif memang dikenal sebagai sosok yang humble, aktif di berbagai kegiatan khususnya di Pramuka, beliau merupakan Pembina Pramuka UIN Raden Intan Lampung sekaligus penggagas kegiatan Perkemahan Songsong Ramadhan yang dimulai pada tahun 1988. Berbagai jabatan struktural kampus sudah pernah di baktikan sebelum menjadi Dekan saat ini, seperti; Sespri Rektor, Sekprodi Perbandingan Agama, Kaprodi Perbandingan Agama, Pengelola Kuliah Kerja Nyata (LP2M), Kepala Unit Pengembangan Mutu Akademik (UPMA), Wakil Rektor Bidang III, serta Kepala Perpustakaan Kampus.

Mengenal Pak Afif, selain aktif di dunia kampus, beliau memiliki berbagai aktivitas dan kegiatan diluar kampus. Tercatat, Pak Afif merupakan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bandarlampung, Kepala Pusdiklatda Pramuka Propinsi Lampung, Pengurus PWNU Propinsi Lampung,  Komandan Banser Propinsi Lampung Tahun 2000, Katib Idharoh Wustho Jami’ah Ahli Tariqoh Al Mutabaroh Propinsi Lampung, Sekretaris Umum Perhimpunan Anak Transmigran (PATRI) Propinsi Lampung, Wakil Ketua Paguyuban Warga Panginyongan Propinsi Lampung.

Melalui berbagai pengalaman, jejaring dan pergaulan yang luas tersebut, Pak Afif berharap untuk bisa mengembangkan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama di masa yang akan datang, dengan prinsip hidup yang dipegang, “Menjadi pemimpin itu yang Ngayomi dan Ngayemi, artinya bisa menjadi pengayom yang dipimpin dan memberikan kenyamanan”. Dalam bidang akademik, Pak Afif mempunyai target untuk bisa menaikkan kualitas pendidikan setiap Prodi yang ada di Fakultas, sembari menegaskan bahwa yang terpenting adalah sebuah kerjasama/teamwork, sehingga semua pihak dapat saling bersinergi mencapai tujuan bersama.

Perwakilan HMJ Psikologi Islam mengucapkan selamat kepada Dekan Baru Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, Selasa (23/7)

Pada kesempatan lain, para mahasiswa dari perwakilan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Psikologi Islam mengucapkan selamat kepada Dekan Baru Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama masa bakti 2019-2021. Beberapa agenda kerja dan harapan disampaikan oleh perwakilan HMJ Psikologi Islam untuk Dekan Baru, dan semoga membawa kemajuan bagi Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, khususnya bagi pengembangan Prodi Psikologi Islam. (NA)